Cara Mengganti Domain Blogspot menjadi Top Level Domain (TLD) dengan mudah

Menjadi sebuah penulis di website/blogger seperti blog dan wordpress merupakan suatu kegiatan yang menguntungkan dan bermanfaat ,seorang penulis blog seperti blogspot dan wordpress difasilitasi alamat web beserta domain untuk mengembangkan websitenya tersebut , seperti pada umumnya untuk blogspot akan diberikan domain.blogspot begitu juga dengan wordpress , domain tersebut diberikan secara gratis. adahalnya kita melihat bermacam macana domain ,seperti .net .edu .com .co.id .info .tech dan banyak lagi, akankah kita tahu bahwa sebenarnya itu pun merupakan bagian dari revolusi blog ? Sebut saja domain itu merupakan Top Level Domain (TLD) , bagaimana cara mengganti domain blogspot saat ini ke domain TLD ?

Berikut cara mengganti domain pada blogspot anda ke domain TLD

1. Saya anggap anda sudah memiliki sebuah blog,seperti saya menggunakan blogspot sebagai media menulis dan berbagi, setelah itu Anda bisa membeli domain pada layanan hosting dan domain. disini saya mencontohkan dengan menyewa domain pada Rumahweb, anda bisa mengikuti seperti saya , karena saya pikir harga dan kualitas bagus dan terjangkau. Buka di order Rumahweb

2. Kemudian ketik nama domain pada kolom search dan pastikan tersedia, sebagai contoh glovemedia.id adalah tujuan saya dan saya sudah membelinya sehingga notifikasinya not available . sesuaikan dengan tujuan nama domain anda. Centang nama domain yang ingin anda pakai. murah bukan dan banyak promonya .


3. Pada menu pilih paket layanan , klik saja "beli domain saja" lanjut ke metode pembayaran dengan mengisi beberapa data yang diperlukan. untuk case no telp bila tidak memiliki telpon rumah anda bisa mengisi no telp apa saja, yang terpenting email dan no handphone sendiri. pastikan email dan password anda ingat untuk melakukan login.

4. Pilih checkout dan ikuti petunjuk pembayarannya ,proses ini tidak memakan waktu lama dan sangat mudah , admin nya responsif . remind ketika melakukan pembayaran diharapkan siapkan struk transfer dan catat semua invoice . Perlu diketahui situs hosting pasti memerlukan KTP ,jadi siapkan saja untuk upload KTP anda dan ikuti alur pembuatan domain yang anda inginkan.
5. Setelah anda memiliki domain dan active (biasanya paling lambat 1 hari), anda buka menu setelan pada blogger -dasar. Pada bagian alamat blog , isi domain yang sudah anda sewa. lihat contoh berikut

harusnya akan muncul seperti berikut , kesalahan seperti pada gambar dikarenakan dns blog belum di deliver ke dns domain TLD ,diamkan saja seperti ini lanjut ke langkah berikutnya.

6. Login ke member area pada Rumahweb dengan email dan password , cari manage dns seperti gambar berikut, buka disini :





7. isi data berikut ini




-kolom domain, kosongkan saja
-TTL setting default seperti itu
-record type pilih A
-IP or hostname isikan 216.239.32.21
kemudian klik add record .setelah muncul successded add, langkah itu belum selesai, anda masih harus meng-input IP or hostname 216.239.34.21 , 216.239.36.21 dan 216.239.38.21 dengan cara yang sama pada langkah sebelumnya. setelah semuanya selesai di add/tambahkan .proses selesai dan back to setting-dasar pada blogger yang tadi ditinggal.

8. Setelah semua dns sudah ditambahkan di menu manage DNS ,kembali ke setting blogger tadi dan klik "Simpan"

















maka akan berubah menjadi domain yang sudah anda beli
Centang "alihkan web ke web domain" , dan proses selesai. anda bisa membuka blog dengan domain TLD.

catatan; jika terjadi "Respond page Not Found atau sejenisnya" ketika membuka url dengan domain TLD , kemungkinan besar proses transfer domain blogspot ke TLD sedang berjalan. anda bisa menunggu maksimal 8 jam, biasanya dengan waktu 30 menit sudah bisa akses ke domain TLD.


9.  Proses selesai dan anda seperti penulis professional. berkaryalah dan terus menulis untuk orang banyak.

Keuntungan menggunakan domain TLD
1. alamat web tentu menjadi semakin ringkas dan mudah diingat
2. anda seperti halnya penulis profesional dengan menggunakan domain TLD yang anda sewa
3. anda akan semakin giat dan mengembangkan terus blog tersebut dengan memakai domain TLD karena domain tersebut bukanlah domain gratisan.


Demikian tutorial bagaimana cara mengganti domain blog ke domain TLD , semoga bermanfaat dan bisa dijadikan referensi untuk melaksanakannya.
Salam

Previous
Next Post »