Dampak Buruk dari Radiasi Ponsel


Health-Sudah bukan barang baru jika seseorang selalu dekat dengan ponselnya. Terlebih kini Smartphone semakin canggih dengan lengkapnya fitur-fitur terbaru. Seakan tidak ingin lepas dari genggaman dan selalu ingin dekat dengan ponsel. Tahukah kamu bila smartphone/ponsel tidak lepas dari gelombang radio frekuensi ? Nah...Sebenarnya bukan ponselnya yang berbahaya namun radiasinya ini cukup menimbulkan berbagain penyakit yang tidak bisa dianggap sepele. Karena radio gelombang elektromagnetik dari ponsel justru berbahaya bagi kesuburan pria dan syaraf pada otak.
"Benar gak sih ?"
Prof. Dr. dr. Susy Tjahjani, Mkes ., dosen Universitas Kristen Maranatha Bandung kepada Vista , "bahwa kehidupan yang terlalu erat dengan ponsel bisa berpengaruh negatif kepada penggunanya. Penyebabnya adalah efek radiasi gelombang elektromagnetik yang ditimbulkan" Ujarnya.

Lantas apa saja dampak dari radiasi ponsel tersebut ? Simak ulasan nya ;

Dampak Buruk dari Radiasi Ponsel

Radiasi elektromagnetik yaitu kombinasi medan listrik dan medan magnet yang berosilasi dan merambat lewat ruang udara. Gelombang ini akan membawa energi dari satu tempat ke tempat yang lain (dengan media udara). Radiasi datang dari ponsel dan masuk ke dalam tubuh manusia.

Beberapa orang menganggap ini hanya sebuah mitos belaka, hanya ditunjukkan kepada anak kecil yang masih dibawah umur. Benarkah ?




Berdasarkan hasil dari penilitian dengan memakai hewan sebagai medianya sudah pernah dilakukan , dari beberapa sample hewan , menyimpulkan bahwa syaraf dari hewan yang terkena radiasi berbeda dengan hewan yang tidak terkena pancaran radiasi elektromagnetik dari ponsel. Begitu juga dengan penelitian terhadap pemakai/pengguna dengan aktifitas memakai ponsel cukup lama, ternyata selain dapat mempengaruhi kesehatan otak, berpengaruh terhadap kesehatan janin juga berdampak pada kesuburan pria.

Bukan berarti ponsel sangat berbahaya, hanya saja anda perlu menghindari kondisi seperti dibawah ini ,agar pemakaian ponsel lebih tidak mendatangkan penyakit dan gangguan kesehatan lainnya.

Cara Menghindari dampak Radiasi 

 

Ketika anda sedang menelpon kerabat/teman/pacar dan sebagainya . usahakan jangan terlalu lama sampai berjam-jam . Kondisi menelpon dengan ponsel yang berada di telinga secara terus menerus akan berdampak pada kesehatan Otak dan panca indera di sekitarnya. Manage waktu menelpon anda , baiknya anda dapat pergunakan fitur sms /message yang sejauh ini sudah makin ditinggalkan.

Wanita yang sedang hamil, atau yang berencana untuk memperoleh keturunan dengan janin yang sehat , baiknya anda jangan menaruh atau meletakkan ponsel diatas perut ,maupun disekitan kondisi si janin. akan lebih efektif bila ketika ingin menelfon , pakai saja headset dan taruh ponsel sedikit lebih jauh dari si janin.



Bagi para pria , yang pasti dan sangat sering menaruh ponselnya di kantong celana bagian kanan dan kiri. Radiasi yang ditimbulkan akan mempengaruhi kondisi kesuburan pria , karena posisi ponsel cukup dekat dengan alat reproduksi pria, sehingga ini pun perlu di waspadai. usahakan pakai ikat pinggang untuk ponsel. selain estetika yang keren juga mencegah radiasi terhadap organ reproduksi.

Saat hendak tidur , perhatikan posisi ponsel . Usahakan jangan terlalu dekat dengan ponsel , terutama bagian kepala anda , karena radiasi akan mempengaruhi kondisi otak anda. Baiknya ,jauhkan ponsel dari posisi anda akan tidur . Deringkan saja bila perlu,namun tetap dijaga jarak antara anda dan ponsel.

Hal seperti menelpon , alangkah lebih baik memakan handfree , karena selain bisa meletakkan ponsel lebih jauh dari telinga, anda juga tetap bisa mendengar isi pembicaraan. jadi bisa mencegah radiasi ponsel.
Radiasinya memang tidak berpengaruh pada jangka pendek, bahkan bisa dibilang tidak terasa. padahal, kalau di abaikan , dalam jangka panjang segala penyakit akan bersarang dan tubuh anda akan lebih lemah antibodynya karena faktor radiasi tersebut.
Pertimbangkan kesehatan sedini mungkin, Sehat itu mahal. Kaya raya pun bila sakit rasanya hambar bukan ?
mari kita jaga kesehatan tubuh kita masing masing.

Please share and follow G+, Tinggalkan jejak/komentar bila ada yang ingin disampaikan.
Terimakasih
Previous
Next Post »