Menghindari Kapalan Pada Kulit dan Mengatasinya

Penyakit satu ini memang jarang diperhatikan oleh kebayakan orang, Namun tidak sedikit dari mereka pasti mengalaminya, Kapalan , Mereka menyebut penyakit yang ditandai dengan pengerasan dan penebalan kulit di area tertentu yang dikarenakan pergesekan dan aktifitas yang berlebihan. Biasanya , Muncul di bagian kaki, tumit, tangan, atau jari, dan bisa menyebabkan rasa tidak nyaman dan nyeri saat berjalan atau beraktivitas. Bagian kulit yang mengalami kapalan biasanya akan berwarna agak kuning dan menjadi kurang sensitif.
Banyak wanita yang merasa tidak percaya diri dikarenakan kaki kapalan tersebut, biasanya penyebab terjadinya kaki kapalan bisa disebabkan oleh beberapa faktor,yaitu ;
1. Pemilihan Sepatu 
Ladies, Perhatikanlah ketika anda memilih sepatu. Sepatu yang terlalu kecil atau tidak memiliki keluwesan dan kenyamanan saat digunakan, dapat memicu munculnya kapalan di kaki. Mulailah memprioritaskan kenyamanan. Anda bisa mengganti jenis sepatu,corak warna dan harga untuk mendapatkan sepatu yang nyaman dan modis.Pastikan bahwa ukuran sepatu yang Anda gunakan sudah tepat dan tidak terlalu sempit ketika digunakan.

2. Mengganti Sepatu
Bagian sepatu yang sudah rusak atau usang, seperti lapisan sepatu dan sol, tidak hanya menganggu kenyaman dalam menggenakan sepatu tapi juga bisa memicu kapalan. Lapisan dalam sepatu yang sudah usang dapat menjadi tempat perlindungan bakteri. Sedangkan sol yang sudah usang dapat menjadi kurang mampu melindungi sepatu saat berjalan di permukaan yang keras.  Oleh karena itu, Lebih baik agar Anda mengganti atau memperbaiki sepatu Anda secara teratur guna menghindari kapalan di kaki.

3. Sepatu hak tinggi 

Bagi Anda yang suka menggunakan sepatu hak tinggi, lebih baik menghindari terlalu sering memakainya. Selain sepatu hak tinggi, sepatu yang memiliki bentuk ujung yang lancip juga dapat memicu kapalan di kaki. Agar terhindar dari kapalan yang disebabkan oleh jenis sepatu ini, cobalah untuk mengurangi tinggi hak sepatu Anda.

4. Penggunaan Sepatu Hak tinggi yang berbeda
Tidak hanya sepatu dengan hak tinggi yang dapat memicu kapalan, sepatu yang sudah usang dan memiliki tinggi hak yang berbeda juga bisa menjadi pemicunya. Pasalnya, kondisi sepatu seperti ini dapat menimbulkan tekanan yang berbeda pada tulang tumit Anda, dan tekanan inilah yang bisa menimbulkan kapalan.
Cara yang harus dilakukan apabila terjadi kapalan :
1. Merendam kaki ke dalam air hangat
Siapkan air hangat secukupnya , Rendam Kulit yang terkena kapalan kedalam air hangat tersebut selama 30 menit atau lebih. Keringkan Bagian kulit tersebut , ulangi langkah tersebut selama 3x dalam sehari. Cobalah untuk mengangkat bagian kulit yang terkena kapalan secara hati-hati di keesokan hari.
2. Mengoleskan pelembap pada bagian kulit yang kapalan
Siapkan pelumas dan pelembab dan berikan pelembab tersebut ke bagian kulit yang kapalan. Diamkan selama beberapa jam . Ulangi langkah tersebut sampai dirasa kulit yang kapalan sudah mudah untuk di bersihkan.
3. Menggunakan bantalan
Agar kapalan di kaki tidak terlalu mengganggu Anda saat berjalan, cobalah untuk menggunakan bantalan yang dapat Anda beli di apotik terdekat. Bantalan ini dapat melindungi kulit yang mengalami kapalan. Namun, perhatikan kandungan yang terdapat di dalamnya. Hati-hati dalam menggunakan bantalan yang mengandung salicylic acid, karena bisa mengiritasi kulit dan menyebabkan infeksi.
4. Menghilangkan lapisan kulit keras perlahan
Anda dapat menggunakan kain lap, batu apung, papan amril, atau kikir kuku untuk membantu menghilangkan lapisan kulit Anda yang mengeras karena kapalan.


Demikian Cara Mencegah Kulit Kapalan dan Penanggulangannya. Semoga senantiasa kulit anda bersih dan sehat . mari jaga kebersihan kulit sedari sekarang.

Salam
Previous
Next Post »