On-Page SEO : Membangun Website dengan Optimasi Halaman dan Konten Website untuk Mesin Pencari


Anda sudah dihadapkan pada pembahasan mengenai "Konsep Dasar SEO beserta Panduannya" ,  Pada bahasan kali ini mengenai bagaimana sebuah website yang anda bangun dapat teroptimasi dengan baik pada mesin pencari(google , yandex, bing, yahoo!) dan sebagainya yang disebut On-page SEO. Dengan mempelajari ilmu ini diharapkan website anda akan bisa menduduki peringkat atas atai page ONE. Untuk membangun sebuah website yang relevan dan kualitas yang baik anda perlu menerapkan konsep On-Page SEO ini. agar website anda teroptimasi menjadi website dengan kriteria relevan dan berkualitas.

Dalam artikel ini, Glovemedia merangkum bagian mana saja yang diperlukan untuk kategori On-page SEO.
Berikut rangkumannya;

Konsep Dasar on-page SEO

Konsep optimasi on page pada sebuah website merupakan hal utama yang harus anda kuasai dan mengerti. karena, masih ada kategori optimasi lain selain on-page yaitu off page SEO(akan di bahas pada artikel berikutnya), Perlu anda ketahui bahwa konsep on-page SEO ini berhubungan dengan konsep SEO yang lainnya, bila anda tidak mengerti dan tidak menguasai, maka akan tidak berhasil menguasai teknik SEO berikutnya.
Inti dari on-page SEO sangat sederhana dan spesifik tujuannya yaitu mengoptimasi website agar ;
  1. Bermanfaat tinggi bagi pengunjung website anda
  2. Memudahkan pengunjung dalam melakukan eksplorasi
  3. Pengunjung merasa nyaman dan ketagihan untuk terus mengunjungi website anda
  4. Mesin pencari mengerti struktur website anda sebagai website dengan konten yang berkualitas.
Anda mungkin akan bertanya,
“apa hubungannya pengunjung yang datang dengan konsep optimasi mesin pencari ?”

Jelas ada hubungannya ,anda bisa bayangkan dan berpikir lebih logis lagi,
Jika mesin pencari bisa mengetahui apakah pengunjung puas atau tidak dengan halaman yang mereka kunjungi,maka sudah barang tentu pengunjung akan sering datang ke website anda dan bisa menjadi jembatan bagi pengunjung yang lain. ini karena website anda sudah teroptimasi dengan baik di mesin pencari sebagai website dengan konten dan artikel yang baik dan memuaskan.
Sebaliknya ,anda bayangkan juga ketika anda mencari sesuatu di dengan mesin pencari semacam google, kemudian masuk ke salah satu website. Ternyata isinya tidak memuaskan dan terkesan garing. Kemungkinan besar setelah sekian detik anda visit akan klik tombol ‘back’ untuk mencari website yang lain. Benar, kan?
Tentunya Google ingin menampilkan website-website yang memuaskan pengguna, maka website anda harus memuaskan pengunjung.
"Bagaimana Caranya ?"

Strategi Menciptakan Website yang Optimal

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna website. Kita akan bahas satu per satu dari setiap kategori berikut:
  1. Konten
  2. Judul
  3. Keyword
  4. URL
  5. Meta description
  6. Media gambar
  7. Outbound link
  8. Internal link
  9. Social sharing
  10. Kecepatan website

1. Konten dengan kualitas terbaik

Konten pada sebuah website memegang peranan penting pada saat pengoptimasi-an .
anda dapat secara langsung menilai bagaimana konten yang baik dan berkualitas. Bila anda belum bisa membedakan jenis konten yang asak jadi dengan konten yang dibuat dengan strategi ,anda bisa menganalisa dengan panduan dibawah ini.
ciri-cirinya:
  1. Memberikan manfaat bagi pengunjung.
  2. Lebih menonjol dibandingkan konten lain yang sejenis.
  3. Disimak dalam waktu panjang oleh pengunjung.
  4. Membangkitkan perasaan (kagum, terhibur, bahagia, dll.).
  5. Menyelesaikan permasalahan pengunjung.
Setelah mengetahui ke-5 ciri tersebut anda bisa mencoba lebih semangat lagi untuk menulis dengan konten yang lebih objektif dari sebelumnya.

Perlu anda ketahui bahwa Google tidak akan mengoptimasi website dengan ciri konten sebagai berikut;
  1. Kurus (thin), tidak berbobot.
  2. Tidak memberikan kepuasan pada pembaca.
  3. Tulisan tidak original/ subjektif.
  4. Pembaca tidak menemukan solusi yang dicari.
Kalau konten anda masuk ke dalam salah satu kategori di atas, maka akan sangat sulit mendapatkan dinilai google sebagai website yang relevan. Kemungkinan website anda tidak pernah maju dan tidak terindex oleh mesin pencari. Algoritma google dan mesin pencari lainnya akan selalu update , maka dari itu baiknya anda pun segera mengembangkan konten yang bisa diterima oleh mesin pencari.

2. Keyword yang populer dan tepat sasaran

Anda tentu menyadari bila ingin melakukan pencarian di mesin pencari semacam google, Apa yang anda maksudkan dituangkan kedalam sebuah kalimat dengan harapan akan muncul artikel yang dituju. Anda pasti menggunakan sebuah kata kunci yang mewakili artikel yang akan anda dapatkan , itulah yang disebut keyword. Bagi anda yang terjun di dunia website/blog anda harus paham betul keyword yang populer dan tepat sasaran. Ini difungsikan saat anda akan membuat artikel dengan judul yang menarik. Sebuah kata kunci akan sukses bilamana kata tersebut sering dipakai dan populer ketika pengunjung ingin mendapatkan informasi.

Anda harus memprediksi keyword dengan maksud yang orang lain tuju. misalnya saja anda memposisikan diri sebagai orang yang ingin membeli sebuah handphone Iphone . Kemudian anda memposisikan diri anda sebagai blogger /pembangun website yang ingin menerka maksud dari si pengunjung.
Mungkinkah, pengunjung menulis  " beli iphone?" pada mesin pencari. Ya... mungkin saja , tapi disini kita tidak membahas kemungkinan, melainkan seberapa populer maksud dari pengunjung tersebut.
Tujuan : membeli iphone
Keyword umum : Iphone
dari kedua kata diatas , kita bisa menyimpulkan keyword apa yang akan populer .
Good jobs, dalam membeli sesuatu terlebih barang elektronik , kata kunci yang sangat fenomenal jelas yang berkaitan dengan Harga, Spesifikasi, Kekurangan Dan kelemahan. Dari keempat prediksi tersebut anda bisa membangun sebuah artikel yang mencakup semuanya. Dengan begitu keyword anda akan berhasil di telusuri oleh bakal/calon pengunjung.

3. Judul halaman yang mengundang klik

Cara termudah untuk mengoptimasi judul yaitu dengan menyertakan keyword utama yang anda incar.
Misalnya keyword “belajar SEO”, maka judulnya mengandung kata “belajar SEO”.
Tapi tidak cukup sampai disitu.Anda tidak boleh melupakan optimasi dan kepuasan dari pengunjung.
Apabila judul yang anda buat mampu menarik banyak pengunjung, maka peringkatnya akan naik dan optimasi google akan berhasil.
Coba buat perbandingan :
Misalkan ,ada 2 website yang bersaing, di peringkat 1 dan 2 pada hasil penelusuran. Namun, Ternyata  website peringkat 2 lebih banyak mendapatkan pengunjung daripada peringkat 1. Itu karena judul yang dia buat lebih menarik, sehingga banyak yang klik
Peringkat dan jumlah klik
Google ingin mengutamakan hasil terbaik, maka website di peringkat 2 akan dinaikkan ke peringkat pertama. dan perubahan itu dinilai wajar karena yang relevan dan teroptimasi dengan baik akan menduduki peringkat teratas.
Karena judul adalah elemen halaman yang paling pertama dibaca di hasil pencarian, maka dengan mengoptimasi judul jumlah klik bisa bertambah.

4. URL yang singkat dan deskriptif

Meskipun pengaruhnya tidaklah besar, Tapi dengan mempertimbangkan url pada sebuah situs , maka akan terlihat seberapa profesional pengembang wesite tersebut dalam menunjukkan estetikanya.
Berikut, contoh URL yang tidak baik. Hindari penggunaan URL seperti ini.
  • www.glovemedia.id/p/?12
URL yang bagus selalu relevan dengan apa isi dari halamanartikel
Misalnya :
  • Halaman tentang ‘resep masakan betawi ’ > domain/resep-masakan-betawi/
  • Halaman produk ‘macbook sierra’ > domain/laptop/macbook-sierra/
Buatlah URL yang mendeskripsikan konten anda, lebih baik lagi bila mengandung keyword utama.

5. Meta description yang deskriptif dan mengundang klik


Meta description tidak mempengaruhi rangking halaman anda.
Selain itu, juga tidak selalu muncul di hasil pencarian.Google sekarang lebih sering menggunakan kalimat di dalam konten sebagai deskripsi halaman.
Meskipun demikian, tidak ada salahnya bagian ini dioptimasi (optional).
Dengan meta description yang menarik, maka kemungkinan orang lain untuk mengunjungi website anda akan semakin tinggi lho.
Seperti tadi, semakin banyak klik dari manusia = semakin baik peringkat website anda.

6. Gambar berkualitas tinggi dan berukuran optimal

Pernahkah anda dihadapkan pada sebuah halaman website yang 100% isinya teks ?, pasti sangat membosankan. Maka dari itu,dengan adanya gambar atau video merupakan nilai tambah.
Anehnya, banyak yang beranggapan gambar justru merugikan.
Padahal itu tidak benar. Tidak ada kerugian dalam menggunakan multimedia (video,audio,picture) dalam konten.
ketika anda ingin menampilkan sebuah multimedia pun harus sesuai dengan porsinya , agar ketika pengunjung membaca artikel anda , tidak terjadi kelambanan dalam mengaksesnya yang tidak lain karena terlalu banyak penggunaan multimedia didalam sebuah halaman.
Beberapa tips yang anda bisa gunakan:
  1. Gunakan gambar yang berhubungan dan mendeskripsikan konten.
  2. Gunakan tipe ekstensi yang tepat agar ukuran file tidak membengkak.
  3. Pastikan resolusi gambar sesuai dengan yang ditampilkan.
  4. Kompres gambar supaya optimal.
  5. Tambahkan atribut alt ketika meletakkan gambar.

7. Referensi berupa link ke website lain

Biasanya sangat bermanfaat bagi pengembang website yang baru masuk kedunia website. Google selalu menampilkan website yang relevan. Website tersebut memiliki reputasi sedari lama , makanya selalu berada di urutan pertama.
Karena website anda masih baru, Google menganggap isinya belum bisa dipercaya dan masih dinilai subjektif. oleh karena belum dipercaya, maka akan lebih sulit mendapatkan peringkat tinggi.
Disini lah link referensi bisa membantu untuk mendongkrak website anda.
Link ke website lain yang reputasinya bagus dan relevan akan membuat reputasi konten anda jadi lebih baik.
Analogi dalam kehidupan nyata  :
Anda mengambil 1 buku non-fiksi.
Di dalam buku tersebut pasti ada daftar pustaka atau catatan kaki. ketika anda telusuri Isinya informasi kutipan dari sumber lain yang mungkin tidak ada pada buku yang anda pegang ketika itu.
Buku tanpa kutipan dari sumber lain yang lebih valid akan dianggap tidak terpercaya.

8. Internal link untuk mempermudah navigasi

Ada istilah yang namanya bounce didalam website.
Bounce artinya, ketika seseorang masuk ke website anda, kemudian dia langsung keluar tanpa melakukan apapun.
Kalau bounce rate dari website anda tinggi, bisa jadi karena 2 faktor ini;
  • Kualitasnya yang mengecewakan
  • Navigasinya yang sulit
Ingat, website yang mengecewakan pengunjung tidak akan bisa disebut relevan.
Sehingga bounce rate bisa jadi faktor yang menunjukkan kepuasan pengunjung.
Salah satu upaya untuk meminimalisir bounce rate adalah dengan memasang internal link (link antar halaman), supaya pengunjung dengan mudah berkunjung ke halaman lain dalam website anda.
paham kan maksudnya ?
seperti ini ;
baca juga : Apa Itu SEO dan Panduannya

9. Dapat di-share ke social media

Google memang tidak menganggap jumlah share sebagai faktor penentu peringkat di Google, tapi bukan berarti social sharing tidak penting.
Mari berpikir logis :
Social share punya effect terhadap peringkat website.
Ini manfaat dari social share:
  1. Tambahan pengunjung dari media sosial yang anda share.
  2. Branding, website anda akan dikenal di media sosial.
  3. Faktor kepuasan bertambah tinggi.
  4. Beberapa dari pengunjung akan memberikan backlink.
Dibandingkan SEO, social media akan membangun brand website anda dengan lebih cepat.
Inilah Effect of Social Media terhadap SEO.
Ketika website anda sudah dikenal, maka orang-orang akan mencari website anda lewat Google ,Karena banyak yang mencari lewat Google, artinya reputasi website anda akan dianggap baik oleh Google.
Oleh karena itu, baiknya anda pasang menu share to social media di website anda.

10. Kecepatan respon dan hambatan kecepatan

Perlu anda ketauhi, Website yang lebih cepat dan responsif akan mendapatkan peringkat yang lebih baik.

TTFB dan Peringkat Website
Time to First Byte (TTFB) artinya waktu yang dibutuhkan server website sampai user mendapat 1 byte pertama. Dengan kata lain, waktu respon server website.

Peningkatan kecepatan bukan hanya untuk mesin pencari saja. Pengunjung juga akan jadi lebih nyaman berada dalam website yang waktu loadingnya cepat dan responsif .
Ada beberapa hal yang mempengaruhi kecepatan:
  1. Kualitas hosting yang digunakan.
  2. Jumlah file .js dan .css di <head>.
  3. Ukuran halaman yang terlalu besar sehingga mengganggu pengunjung.
  4. Persentase penggunaan multimedia dalam suatu website atau halaman.
Demikian ulasan terkait On-Page SEO , semoga anda dapat pahami dan bisa mengaplikasikannya kedalam website anda. Teruslah menulis dan hargai tulisan anda sendiri.
Salam
Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
MASTER SEO
AUTHOR
June 2, 2017 at 8:05:00 AM PDT delete

http://fotocewekjepang.blogspot.co.id/

Reply
avatar